NTRL Band Rock Indonesia yang masih eksis sampai sekarang

Band Rock NTRL siapa yang tidak kenal band rock di indonesia yang satu ini, Band yang dulu nya bernama Netral ini tidak disangka berhasil eksis sampai sekarang dari tahun 1993 – 2019 sudah 26 tahun ternyata netral menamani kita dengan lagu-lagu mereka. Berikut ini kami akan membahas sejarah Band NTRL dari jatuh sampai sukses seperti sekarang.

Personil Band NTRL

Personil awal band NTRL terdiri dari Bagus Dhana (Vokal/Bass),Bimo Sulaksono (Drum) dan Ricky Dayandani alias Miten (Gitar) , Kini personil NTRL sudah Berganti dimana posisi Bimo sebagai (Drum) digantikan oleh Eno Gitara dan Posisi Miten sebagai (Gitar) digantikan oleh Christopher Bollemeyer.

NTRL terbentuk secara tidak sengaja

Band NTRL ternyata di bentuk secara tidak sengaja dimulai dari saat Bagus satu sekolah dengan Bimo di SMA,pada awal pembentukan band ini mereka hanya tampil biasa dengan membawakan lagu-lagu band luar seperti Black Sabbath contohnya, setelah itu mereka bosan lalu mengajak Miten membuat band bersama dengan nama Netral.

Netral mengalami proses dari jatuh sampai bisa sukses sampai sekarang,Dimulai dari memulai Demo sampai Bimo menjual mobil untuk bermain di ¬†dana mereka. selanjutnya mereka coba mengunjungi label-label rekaman di Jakarta untuk menawarkan demo akan tetapi mereka hanya mendapatkan jawaban yang tak pasti seperti “nanti kami kabari lagi setelah kami dengarkan” , Bimo sampai pasrah pada saaat itu.

Setelah itu mereka di pertemukan Jerry Bidara dari PT.Indosemar Sakti. Jerry akhirnya menjadi produser album perdana Netral yang berjudul Wa..lah (1995). akhirnya nama mereka mulai naik sejak lagu Wa..lah tayang di televisi.

Pergantian Personil dibalik album Netral

ya sangat di sayang kan ada pergantian personil pada Band Netral dimulai pada album ketiga, Bimo mengundurkan diri di karenakan merasa jenuh ingin memainkan musik lain. Setelah itu Miten mengajak bergabung Eno Gitara untuk mengantikan posisi Bimo sebagai (Drum).

Dengan masuk nya Eno selanjutnya Netral merilis satu album yang berjudul Paten. Lagu ini melibatkan musisi Ahmad Dhani menjadi andalan. lagu tersebut disutradarai oleh Dimas Djayadiningrat.

Tidak lama setalah bangkit, Netral kembali jatuh lagi dikarenakan Miten memutuskan mundur. di karenakan dia ingin memasuki sekolah musik di Amerika Serikat. Bagus merasa kasihan pada Eno karena dia baru masuk dan langsung di tinggal oleh Miten.

Bagus tak patah semangat. Ia langsung mengajak Eno menggarap album berdua,di tambah bantuan pemain gitar tambahan yakni Apoy. dengan itu band Netral berhasil melahirkan album Oke Deh (2001). tidak berhenti disitu sembari mencari personil baru mereka merilis album baru berjudul The Best of Netral (2002). mereka juga di bantu oleh Tara Bistara (Gitar) dan Dessy Fitri (kibor) ikut berkontribusi pada album tersebut.

Setelah penantian panjang Eno yang sedang keliling kota melakukan promosi drum bersama gitaris dan basis. Saat itu ia bertemu dengan Coki yang saat itu masih tergabung dalam Band Base Jam. Eno tertarik dengan gaya bermain Gitar Coki. di saaat itulah Eno mengajak Coki bergabung dengan band Netral.

Dengan personil ini Netral berhasil merilis Enam album yakni :

  • Kancut (2003)
  • Hitam ( 2005)
  • 9th (2007)
  • The Story Of (2009)
  • Unity (2012)

Pergantian nama menjadi NTRL

Netral mengalami masalah dimana Bimo mantan personil Netral mengatakan bahwa jika ingin menggunakan nama Netral harus dengan seizinnya.

Bimo menjelaskan nama Netral boleh di gunakan asal membayar royalti 10 % setiap manggung di bagi tiga untuk keluarga Bimo,Miten,dan Bagus. Akan tetapi Bagus tidak menyetujui tawaran itu sehingga mengganti nama band menjadi NTRL. dengan nama NTRL malah membawa berkah sampai sekarang kata Bagus pada saat di temui.

Masalah nama Netral dengan Bimo sudah terselesaikan bahkan bimo sudah tidak mempermasalahkan apabila Bagus,Eno,dan Coki ingin menggunakan nama Netral lagi namun Bagus sudah merasa nyaman dengan nama baru band nya sekarang.

Bimo bahkan ikut manggung saat NTRL merayakan ulang tahun nya yang ke-25 pada tahun 2018 lalu. Tidak terasa band yang awal nya dari SMA sampai ditolak label dan melakukan pergantian personil di dalam nya masih bisa eksis di tahun 2019 sebuah perjalanan yang tidak mudah yah di balik nama band NTRL yang sudah besar seperti sekarang.